Halaman

Entri Populer

Jumat, 05 Agustus 2011

Buah pisang, bagus untuk atlet??

buah pisang selama ini biasa dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut setelah makan nasi. atau diolah menjadi makanan lain, seperti keripik, sale, cake dan sebagainya. padahal pisang sangat baik bagi atlet karena kelebihannya.. apakah itu?
pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neorotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.
nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.
nah, kalau selama ini para pemain bola makan buah jeruk saat jedanya, pisang bisa jadi alternatif buah yang baik untuk supply energi..selain energinya lebih cepat, harganya juga lebih murah...=)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar